Wednesday, May 25, 2011

Cara Cerdas Sebelum Bertanya?

(The Smart Way Before Ask Questions?)
Summary or Adaptation of How To Ask Questions The Smart Way by Eric Steven Raymond

Quotes from Leon Ho
"A interesting manual I found today is called How To Ask Questions The Smart Way. This is for people who asks question on the Net, especially on computer/technical questions. He tells you what you should or should not do in the forums or mailing list – how to describe your technical problem etc. This is a fun read, not that because it is written by a hacker, but because it is direct and straight to the point: read more. . .


Eric Steven Raymond menulis sebuah artikel yang sangat menarik dengan judul "How To Ask Questions The Smart Way" yang mengajarkan bagaimana cara bertanya sehingga anda mendapatkan jawaban yang memuaskan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketikan mengajukan pertanyyan sebagai berikut:

1. Before You Ask (Sebelum Anda Bertanya)
Sebelum bertanya masalah teknis melalui e-mail, atau newsgroup atau ruang chatting, lakukan hal-hal sebagai berikut :
  • Cobalah menemukan jawaban di forum (Website, blog, jejaring sosial, dll)
  • Cobalah menemukan jawaban di Internet (melaui mesin pencari seperti; google search, bing, opera, yahoo, dll)
  • Cobalah menemukan jawaban dengan membaca manualnya (panduannya).
  • Cobalah menemukan jawaban dengan membaca FAQ-nya.
  • Cobalah menemukan jawaban dengan penelitian dan percobaan.
  • Cobalah menemukan jawaban dengan bertanya kepada teman yang lebih ahli.
  • Jika Anda seorang programmer, cobalah menemukan jawaban dengan membaca source code-nya.
2. When You Ask (Ketika Anda Bertanya)
  • Pilih Forum Dengan Hati-Hati
  • Forum Web dan IRC khusus newbies terkadang memberi tanggapan cepat
  • Langkah Berikutnya, Gunakan Mailing List Proyek
  • Gunakan Kalimat Berarti, Subyek Yang Spesifik
  • Buat Agar Mudah Di Reply
  • Tulis Dengan Jelas, Grammatical, Ejaan Yang Benar
  • Kirim Pesan Dalam Format yang Mudah Dibaca
  • Tepat dan Jelas Tentang Masalahmu
  • Besarnya Pesan Bukanlah Ukuran Ketelitian
  • Jangan Berkata Kamu Menemukan Bug
  • Bersikap Seperti Hamba Juga Tidak Menolong
  • Gambarkan Gejala Masalahnya, Bukan Tebakanmu
  • Gambarkan Urut-Urutan Masalah Secara Kronologis
  • Gambarkan Tujuanmu bukan Langkahnya
  • Jangan Meminta Dibalas Secara Pribadi
  • Pertanyaanmu Harus Eksplisit
  • Ketika bertanya tentang kode
  • Jangan Mengirimkan Tugas PR
  • Pangkas Kalimat Yang Tak Perlu
  • Jangan Bilang “Mendesak” Walaupun Memang
  • Sopan Santun Tidak Pernah Menyakiti Malah Terkadang Membantu
  • Tindak Lanjuti Solusi Dengan Catatan Singkat
3. How To Interpret Answers (Bagaimana Menafsirkan Jawaban)

RTFM Dan STFW: Begini Caranya Bilang Kamu Benar-Benar ‘Ngaco
Ada sebuah tradisi kuno dan keramat : Jika kamu mendapat reply dengan tulisan “RTFM”, maka orang yang mengirimkan pesan ini berpikir bahwa kamu seharusnya Read The F**king Manual (Baca Manualnya ––maaf, you know what is the F word don't you?). Dia hampir pasti benar. Baca manualnya.
RTFM punya saudara. Jika kamu mendapat reply dengan tulisan “STFW”, maka orang yang mengirimkan pesan ini berpikir bahwa kamu seharusnya Search The F**king Web (Cari Di Internet --you know what is the F word don't you?). Cari di Internet.

Kalau Anda Tidak Mengerti…
Kalau Anda tidak mengerti dengan jawaban yang diberikan jangan langsung mengirim pesan kembali untuk meminta klarifikasi. Gunakan kembali alat-alat (manual, FAQ, Internet, teman yang lebih ahli) yang dulu Anda pakai untuk mencoba menyelesaikan masalah Anda yang asli untuk memahami jawabannya. Lalu, kalau Anda memang perlu klarifikasi tunjukkanlah apa yang Anda sudah pelajari.

Berhadapan Dengan Sikap Kasar
Kalau Anda merasa orang lain telah bersikap kasar kepada Anda, cobalah untuk tetap tenang. Kalau memang ada orang yang melampaui batas biasanya orang yang lebih senior di milis itu akan menegur mereka. Tetapi kalau kejadiannya tidak seperti itu lalu kamu kehilangan kesabaran karena tersinggung maka Anda akan di cap ‘nyeleneh. Peluangmu untuk memperoleh jawaban semakin kecil.

4. On Not Reacting Like A Loser (Agar Tidak Bereaksi Seperti Pecundang)
  • Lupakan saja. Itu normal. Bahkan sebenarnya ini bagus dan tepat untukmu
  • Sok Akrab Atau Berguna : Silakan Pilih
  • Jangan sampai Anda terseret kedalam ajang flame war. Flame sebaiknya diabaikan saja —, setelah anda periksa apakah mereka benar benar flame dan bukannya petunjuk kepada kesalahan yang anda buat dan juga bukannya jawaban yang disamarkan dengan pintar atas pertanyaan yang sebenarnya (ini sering terjadi).
5. Questions Not To Ask (Pertanyaan Yang Tidak Perlu Ditanyakan)

Q : Dimana saya dapat temukan program atau resource X?
Q : Bagaimana caranya menggunakan X untuk membuat Y?
Q : Bagaimana caranya meng-konfigurasikan prompt shell saya?
Q : Bisakah saya mengkonversikan dokumen AcmeCorp ke dalam
      file TeX mengunakan program konversi Bass-o-matic?
Q : {program,konfigurasi,pernyataan SQL} saya tidak bekerja.
Q : Saya punya masalah dengan PC Windows saya. Bisakah
      Anda menolong?
Q : Program saya tidak bekerja. Saya pikir fasilitas sistem X-nya rusak.
Q : Saya punya masalah meng-install Linux atau X. Bisakah
      Anda menolong?
Q : Bagaimana caranya untuk meng-crack root/mencuri prevelensi agar
      bisa membaca e-mail orang lain?

6. If You Can't Get An Answer (Jika Anda Tidak Mendapat Jawaban)

Jika Anda tidak mendapat jawaban, jangan dimasukkan hati, terkadang kami merasa kami tidak dapat membantu. Terkadang anggota grup yang ditanya itu benar-benar tidak tahu jawabannya. Tidak mendapat tanggapan tidak sama dengan diabaikan, walaupun dari luar tidak kelihatan perbedaannya.

Banyak sumber bantuan lain yang dapat anda gunakan, terkadang mereka lebih bisa mengakomodir kebutuhan pemula.

Banyak kelompok pengguna yang antusias terhadap software baik on-line maupun lokal, bahkan meskipun mereka tidak pernah menulis software sendiri. Kelompok ini kadang dibentuk dengan tujuan untuk saling membantu dan menolong pengguna baru.

7. How To Answer Questions in a Helpful Way (Bagaimana Menjawab 
    Pertanyaan Dengan Cara Yang Mmbantu/bermanfaat)

Bersikap ramah (Be gentle). Stress akibat masalah dapat membuat orang bertindak bodoh atau tidak sopan, meskipun mereka sebenarnya tidak.

Balaslah dengan e-mail diluar jalur bagi pelanggar yang baru pertama kali melakukan kesalahan (Reply to a first offender off-line). Jangan mempermalukan orang didepan publik jika mereka tidak sengaja melakukan kesalahan. Newbie yang benar-benar awam mungkin tidak tahu cara mencari pada arsip atau dimana FAQ disimpan.

Jika Anda tidak yakin, bilang saja! (If you don't know for sure, say so!). Jawaban salah yang sok tahu lebih buruk dibanding tidak ada jawaban sama sekali. Jangan mengarahkan orang lain ke jalan yang salah hanya karena Anda ingin kelihatan seperti seorang ahli. Bersikaplah jujur dan rendah hati; jadilah contoh bagi orang-orang yang bertanya dan rekan-rekan kelompokmu.

Kalau tidak bisa membantu, jangan mengganggu (If you can't help, don't hinder). Jangan berkelakar dan mengarang petunjuk yang dapat mengacau komputer pengguna ––orang bloon yang malang mungkin akan mengira ini adalah instruksi yang sesungguhnya.
Tanyakan yang masih samar agar lebih detail (Ask probing questions to elicit more details). Kalau Anda bisa melakukan ini dengan baik, orang yang bertanya akan bisa belajar ––dan mungkin juga Anda. Cobalah untuk merubah pertanyaan yang jelek menjadi bagus; ingat, kita dulu juga newbie.

Terkadang kita cukup ‘ngomong RTFM untuk me-reply orang yang memang malas mencari, tetapi akan lebih baik bila kita memberikan petunjuk ke sebuah dokumentasi (walaupun hanya saran pencarian dengan frase tertentu menggunakan Google)

Jika memang ingin menjawab dengan tuntas, berikan yang terbaik (If you're going to answer the question at all, give good value). Jangan menggunakan cara yang berbelit-belit. Kalau memang orang lain menggunakan alat atau pendekatan yang salah, sarankan alat atau cara yang benar. Bingkai ulang pertanyaannya.

Bantu komunitasmu agar bisa belajar dari pertanyaan itu. Ketika Anda menjawab sebuah pertanyaan yang bagus, tanyakan pada dirimu, “Apakah ada dokumentasi atau FAQ yang harus diganti/diubah? Agar tidak ada orang yang menanyakan masalah ini lagi?” Lalu kirim perbaikan itu ke pengelola dokumen.

Jika Anda melakukan riset untuk menjawab pertanyaan, tunjukkan kemampuan ini, jangan hanya menulis seakan-akan Anda menemukan jawaban itu jatuh dari langit (demonstrate your skills rather than writing as though you pulled the answer out of your butt). Menjawab pertanyaan itu seperti memberi minum air laut kepada orang yang haus, dia tak akan pernah puas, ajari mereka untuk melakukan riset, agar mereka bisa memenuhi kebutuhan mereka sendiri.

Related Links


0 comments:

Post a Comment

Please Notices! Write NAME (nick name) to make it easier to respond to comments that you write. Comments are rude, racist, and humiliation may not be passed and it will be deleted without warning ...