Tuesday, May 14, 2013

Kualitas Media dengan Literasi Media Massa Kita

Media massa berfungsi memberikan informasi, menghibur, mempengaruhi dan sebagai media pendidikan bagi masyarakat Inilah yang menjadi faktor banyaknya media massa baik media cetak maupun elektronik di Indonesia. Cara pandang masyarakat terhadap media yang pada awalnya hanya sebatas penikmat harus diubah menjadi pengamat melalui pendidikan literasi media.

Jika kesadaran masyarakat lebih peka terhadap media, dampaknya akan baik. Posisi literasi media ini penting, karena akan ikut menentukan arah media ke depannya selain beberapa faktor lainnya seperti regulasi dan produksi.

Literasi media bertujuan membangun kesadaran masyarakat terhadap media. Ada tiga tujuannya antara lain masyarakat harus paham bagaimana operasi media, masyarakat harus tahu bagaimana menyikapi media, dan masyarakat harus memihak pada isi media yang benar atau baik.

Namun Kalau kita perhatikan masyarakat sekarang ini banyak dijejali informasi yang kadang informasi itu belum tentu dibutuhkan. Karena kebutuhan dan keinginan informasi yang didapat kadang tidak selaras. Sekarang ini di berbagai media seperti televisi, media cetak, dan internet berita-berita negatif (kriminal) yang selalu ada setiap hari. Pembuhuhan, pemerkosaan, korupsi, tawuran, konflik antar warga, dan sebagainya yang sungguh sangat memprihatinkan.

Untuk itu peran serta masyarakat sangat diharapkan untuk mengawasi konten dari media baik media cetak maupun elektronik serta mendorong atau menyadarkan pemilik media untuk lebih berat kepada kepentingan masyarakat, karena pemilik media ikut bertanggungjawab terhadap moral dan kehidupan bangsa ini.

Kita juga tak lupa harus mengapresiasi media massa yang berkualitas, walaupun kalah dari segi kuantitas namun inilah pekerjaan kita bersama bagaimana caranya mengupayakan agar media massa tersebut menang tak hanya dari segi kualitas tapi juga kuantitas.

Rujukan




"Semoga Bermanfaat, Terima Kasih"


THANKS FOR STOPPiNG BY!
We're Highly Appriciate any Support Suggestion?
To Keep This Blog Alive!

wp-thanks



0 comments:

Post a Comment

Please Notices! Write NAME (nick name) to make it easier to respond to comments that you write. Comments are rude, racist, and humiliation may not be passed and it will be deleted without warning ...