Friday, October 28, 2011

COOLiNG PAD USB/HP MODEM (DiY)

Cooling-pad-modemPenggunaan modem (Khususnya USB & HP Modem) secara trus menerus dalam waktu yang cukup lama yang mengakibatkan USB & HP Modem mengalami overheating atau kepanasan, sehingga modem tidak dapat bekerja maksimal, biasanya ditandai dengan menurunnya kecepatan internet, putus-nyambungnya internet berulang-ulang dan bahkan yang paling parah modem akan mengalami kerusakan.
Karena itu modem perlu didinginkan, sehingga kinerjanya tetap optimal. (hoeda)

Hal ini di alami oleh saya yang menggunakan HP modem, jika overheating ada pesan "Warning Charging Failed" kalau tidak direstart akan HP mati sendiri, maka proses koneksi internet akan terputus. Pada awalnya saya membuat cover HP buatan sendiri dengan alas yang terbuat dari bahan bekas Minuman Ringan. Lumayan memperlama koneksi internet tapi tidak mengatasi "overheating" setelah setahun digunakan baterei HP menjadi cebung.

Maka saya coba googling mengenai cara membuat cooling pad sederhana yang bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan bekas, dan alhamdullilah saya mendaptkan cara pembuatan cooling pad untuk diantaranya dari (hoeda) dan Dewi Fatonah, dan berikut beberapa contoh alat sederhana untuk mendinginkan USB & HP Modem:

# # #
Click the Picture to Enlarge

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • USB/HP MODEM
  • HEATSiNK+FAN PROCESSOR AMDK6-SOCKET-7 BEKAS [OPtIONAL]
  • 2 BUAH PENDiNGiN DARi POWER SUPPLY UNiT (PSU) BEKAS (SUDAH TiDAK TERPAKAi)
  • KARTON DUPLEX ATAU KARTON YANG AGAK TEBAL
  • GUNTiNG, PEREKAT (SELOTiP & DOUBLE TAPE)

HP-MODEM_COOLiNG-PADS-1.jpg

Karton yang digunakan pada sample ini adalah karton yang biasa digunakan untuk pembungkus hidangan makanan atau kue tart(bolu). Buatlah box yang panjang sesuai dengan ukuran Modem dan Pendingin yang digunakan, contonya pada sample ini adalah "Panjang x Lebar x Tinggi : 12cm x 6 cm x 4 cm.

HP-MODEM_COOLiNG-PADS-2.jpg

Setelah box dari karton selesai, buatlah lubang sesuai dengan Heatsink Processor yang digunakan dan untuk aliran udara (air-flow), buatlah penyangga untuk menggabungkan 2 buah pendingin dari PSU menjadi satu. Buatlah lubang di penyangga PSU sesuai ukuran HSF Processor, caranya terserah seusai selera dan ide Anda Sendiri.

HP-MODEM_COOLiNG-PADS-3-NEW.jpg

Contoh jika semua tahap di atas telah selesai dibuat.

HP-MODEM_COOLiNG-PADS-4-NEW.jpg

Pasangkan Cooling Pad pada Box. Selamat "COOLiNG PAD USB/HP MODEM" Anda telah selesai!

CATATAN:

  • Cooling Pad di atas sudah dicoba (tanpa Kipas HSF) menggunakan HP Modem K-touch-E329 selama 2 Hari (Kurang Lebih) tanpa ada panas pada bagian Baterai HP dan selama pengetesan tidak terjadi Error seperti yang disebutkan di atas.
  • Khusus untuk USB Modem diperlukan Kabel USB Extender, Anda Bisa menempatkan USB Modem tersebut pada bagian tengah Cooling Pad (Bagian HSF Processor)
  • Bila USB/HP Modem masih terasa panas (OverHeating), Anda bisa menambahkan Kipas pada HSF tetpai memerlukan power konverter 12 Volt. (Sebagai tambahan sudah dicoba dari power USB port tapi kipas tidak berputar!)

" SEMOGA BERMANFAAT . . . "
__________________________________________________________


0 comments:

Post a Comment

Please Notices! Write NAME (nick name) to make it easier to respond to comments that you write. Comments are rude, racist, and humiliation may not be passed and it will be deleted without warning ...